10 Tempat Wisata Hits di Jakarta Selatan yang Bisa Kamu Kunjungi Saat Weekend

Jakarta Selatan menjadi salah satu wilayah di ibukota DKI Jakarta yang menyimpan potensi wisata menarik bagi wisatawan.

Meskipun ibukota Jakarta identik dengan kemacetan, gedung-gedung tinggi, dan juga pusat perbelanjaan modern atau mall yang bertebaran hampir di setiap sudut kota.

Namun ternyata Jakarta Selatan juga memiliki banyak objek wisata menarik yang pastinya wajib untuk disinggahi saat liburan tiba.

Ada banyak tempat wisata di Jakarta yang bisa masuk dalam agenda liburan, mulai dari wisata alam, wisata edukasi, hiburan hingga wisata sejarah.

Jakarta Selatan bisa jadi destinasi wisata menarik bagi siapapun yang ingin menikmati suasana Jakarta dengan cara yang berbeda.

Refreshing tidak melulu jalan-jalan ke mall atau pusat perbelanjaan modern.  Sebagai alternatifnya, di bawah ini sudah kami siapkan khusus buat kamu.

  1. Kebun Binatang Ragunan

Kebun binatang ragunan merupakan kebun binatang tertua di Indonesia. Dengan harga tiket masuk yang sangat murah, tempat rekreasi sekaligus edukasi ini buka pada pukul 07.00-16.00 WIB.

Kebun Binatang yang dibangun pada tahun 1864 ini memiliki koleksi satwa yang sangat lengkap, dimana 90% satwanya merupakan binatang asli dari Indonesia.

Obyek wisata ini juga sekaligus menjadi pusat pelestarian primata terbesar di dunia.

Selain satwa, kebun binatang ini juga memiliki koleksi pepohonan yang rindang sehingga suasana kebun binatang semakin asri dan sejuk.

Dengan harga tiket yang sangat murah, banyak warga Jakarta yang memilih Kebun Binatang Ragunan sebagai salah satu destinasi wisata favorit yang dikunjungi saat liburan.

Di kawasan wisata ini juga sudah tersedia beberapa fasilitas yang memadai untuk kenyamanan pengunjung.  Mulai dari Taman satwa anak, Taman perahu, Rakit wisata yang seru serta fasilitas menarik lainnya.

Lokasi: Jl. Harsono No. 1, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

  1. Taman Anggrek Ragunan

Taman Anggrek Ragunan sudah beroperasi sejak tahun 1973 dan terletak tidak jauh dari Kebun Binatang Ragunan.

Objek wisata yang buka setiap pukul 08.00-17 WIB ini menyajikan pemandangan taman bunga angrek yang luar biasa indahnya.

Aneka jenis tanaman anggrek tertata rapi dengan warna-warna cantik yang dominan.

Setidaknya ada sekitar 5000 spesies anggrek yang ada di lokasi wisata ini.  Beberapa diantaranya ada anggrek bulan, anggrek ungu, anggrek hutan, dan masih banyak lagi jenis lainnya.

Selain menikmati keindahan taman ini, kamu juga bisa membeli tanaman anggrek yang kamu sukai sebagai buah tangan atau ditanam di rumah.

Pastinya liburan ke Taman Anggrek Ragunan bisa menjadi pengalaman yang tak terlupakan.  Jangan lupa foto dengan background aneka jenis anggrek yang bermekaran ya!

  1. Tugu Pancoran

Salah satu ikon kota Jakarta ini bisa ditemui di Jalan Jenderal Gatot Subroto, Pancoran, Jakarta Selatan.

Patung yang dibangun pada masa pemerintahan Ir. Soekarno ini dimaksudkan sebagai simbol kedirgantaraan Indonesia dan memiliki nama Monumen Patung Dirgantara.  Namun begitu, masyarakat lebih mengenalnya dengan nama Tugu Pancoran.

Lokasi: Jl. Jenderal Gatot Subroto, Pancoran, Jakarta Selatan.

  1. Setu Babakan

Setu Babakan adalah sebuah danau dengan luas mencapai kurang lebih 30 hektare.

Dengan suasana alam yang masih asri, kamu bisa menikmati keindahan alam sembari mengunjungi pusat perkampungan budaya Betawi di lokasi wisata ini.

Di perkampungan Betawi ini, kamu juga bisa menyaksikan pertunjukan tanjidor, lenong, tari topeng, marawis dan juga gambang kromong masih dilestarikan sebagai salah satu warisan budaya yang luhur.

Jangan lupa juga untuk mencicipi kuliner khas Betawi yang melegenda, seprti kerak telor, soto Betawi, dan bir pletok.

Perlu diketahui bahwa objek wisata ini buka dari pukul 08.00-18.00 WIB, dengan harga tiket masuk murah saja yaitu Rp 2.000 per orang.

Lokasi: Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan.

  1. Museum Layang-layang

Ada lebih dari 600 koleksi layang-layang dipamerkan di museum ini, dimana beberapa diantaranya berasal dari berbagai negara di dunia, seperti Jepang, Vietnam, Tiongkok, hingga Belanda.

Untuk jam operasional, wisata ini di buka sekitar pukul 09.00-16.00 WIB dengan harga tiket masuk sebesar Rp 10.000 saja per orang.

Tempat wisata ini cukup unik dimana kamu diberi kesempatan untuk melakukan kegiatan seru seperti melukis layang-layang, kaos, dan bahkan wayang.

Ada juga kegiatan membatik, membuat kerajinan tangan dari gerabah dan membuat layang-layang tentunya. Dijamin liburanmu di museum ini bakal semakin seru!

Lokasi: Jl. H. Kemang No 38, Pondok Labu, Jakarta Selatan

  1. Museum Satria Mandala

Museum dirgantara menampilkan berbagai jenis koleksi beragam terutama berkaitan dengan kesatuan TNI.

Dari awal pembentukan hingga sampai saat ini, beberapa benda koleksi yang dipajang antara lain berupa pesawat terbang, meriam, rudal, hingga senjata tradisional bambu runcing yang memiliki cerita historis dalam perjuangan melawan penjajahan.

Lokasi: Jl. Jenderal Gatot Subroto No. 14, Kuningan Barat, Mampang, Jakarta Selatan.

  1. Museum Reksa Artha

Di museum Reksa Artha, kamu akan mendapati hal-hal unik seputar pembuatan uang, termasuk mesin-mesin pembuat uang yang digunakan untuk mencetak mata uang yang ada di Indonesia.

Salah satu koleksi bersejarah yang disimpan di museum ini adalah mesin pencetak uang Rupiah pertama di Indonesia.

Untuk mengunjungi tempat wisata ini, kamu hanya dikenakan biaya sebesar Rp 5.000 per orang dengan jam operasional mulai pukul 09.00-16.00 WIB.

Lokasi: Jl. Lebak Bulus No. 1, Lebak Bulus, Cilandak, Jakarta Selatan.

  1. Taman Langsat

Taman Langsat merupakan salah satu tempat favorit yang banyak dikunjungi oleh masyarakat untuk sekedar refreshing atau menikmati suasana sore di taman.

Dengan suasananya yang nyaman dan bersih, kamu bisa lebih leluasa untuk mengobrol santai atau menikmati fasilitas WiFi gratis untuk berselancar di dunia maya.

Fasilitas berupa taman bermain anak dan jogging track membuat taman ini semakin lengkap dan menarik.

  1. Kemang Food Festival

Kemang Food Festival bisa menjadi salah satu destinasi wisata mengenyangkan.

Di lokasi ini, kamu bisa menikmati berbagai sajian kuliner yang menggugah selera di sepanjang Jalan.

Mulai pukul 17.00 WIB hingga pukul 24.00 WIB, kamu bisa menyantap menu lezat sembari menikmati live music yang menghibur.

Lokasi: Jl. Kemang Raya No. 19, Bangka, Kemang Prapatan, Jakarta Selatan

  1. Pasar Santa

Selain Kemang Food Festival, wisata kuliner yang tak kalah menarik adalah Pasar Santa.

Ada banyak jenis kuliner yang disajikan di Pasar Santa, mulai dari hidangan mewah ala hotel berbintang hingga makanan dan minuman khas dari berbagai negara.

Tentu saja makanan khas Indonesia yang tidak perlu dipertanyakan lagi kelezatannya, ada di sini juga.

Lokasi: Cikajang, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Dengan ragam destinasi wisata yang ada, 10 objek wisata di atas bisa masuk dalam agenda liburan bersama keluarga.

Selain rekreasi dan refreshing, berwisata ke beberapa tempat wisata di Jakarta Selatan juga bisa menjadi media untuk belajar dan menambah wawasan.

Tidak akan rugi, pasti menyenangkan!

Leave a Comment