20 Tempat Wisata Paling Hits di Raja Ampat yang Harus Kamu Kunjungi Saat ke Sana

Tempat wisata di Raja Ampat Papua Barat selalu menjadi destinasi favorit bagi para traveller yang gemar berburu spot foto cantik dengan nuansa petualangan yang cukup menantang.

Raja Ampat merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Papua Barat. Wilayah yang berbentuk kepulauan ini terdiri dari empat pulau besar dengan gugusan pulau kecil lainnya yang mempesona.

Dengan kondisi geografis yang berbentuk kepulauan, kabupaten yang beribukota di Waisai ini mengandalkan transportasi laut dan udara untuk mengakses beberapa pulau yang ada di wilayah ini.

Raja Ampat dengan gugusan pulau tersebut menyimpan potensi wisata alam yang luar biasa indahnya. Kegiatan seru seperti diving dan snorkeling menjadi daya tarik utama kepulauan ini, banyak wisatawan yang menyempatkan liburan di Raja Ampat hanya sekedar untuk menikmati keindahan alam bawah laut dengan terumbu karang yang cantik.

Destinasi Wisata Hits Raja Ampat Papua Barat

Ada banyak biota laut yang mendiami perairan Raja Ampat sehingga banyak menyedot perhatian wisatawan. Setidaknya ada sekitar 1000 jenis ikan karang, dengan 540 jenis karang yang diketahui merupakan 75% dari keseluruhan jenis yang ada di dunia.

Selain itu juga terdapat sekitar 700 jenis moluska dan terumbu karang hidup dalam jumlah yang tinggi. Dengan kekayaan biota laut yang sangat beragam tidak mengherankan jika Raja Ampat disebut-sebut memiliki flora dan fauna terlengkap di dunia.

Daftar Destinasi Wisata Hits di Raja Ampat

Selain kekayaan alam yang mempesona, di Raja Ampat juga terdapat peninggalan pra sejarah yang sangat berharga, berupa gambar atau cap tangan di dinding gua yang diperkirakan telah berusia sekitar 50.000 tahun.

Selain itu, di salah satu titik penyelaman di Pulau Wai kamu juga bisa menyaksikan sisa-sisa pesawat yang karam pada saat terjadinya perang dunia II.

Pesona alam di Raja Ampat memang sudah sangat populer di kalangan traveler, baik domestik maupun mancanegara. Bahkan destinasi wisata Raja Ampat terkenal sebagai spot diving terbaik di dunia, dimana salah satu spot menawarkan sensasi diving bersama ikan pari manta.

Selain menikmati eksotisme gugusan pulau di Raja Ampat, kamu juga bisa menyaksikan berbagai atraksi maupun festival yang diselenggarakan di Waisai sehingga pengalaman liburanmu semakin lengkap.

Untuk memudahkan perjalanan wisatamu ke Raja Ampat, berikut ini adalah rekomendasi tempat wisata di Raja Ampat yang sedang hits dikunjungi wisatawan:

  1. Teluk Kabui

Lokasi: Kepulauan Raja Ampat, Yanbeser, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat.

  1. Pasir Timbul Raja Ampat

Lokasi: Kepulauan Sembilan, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat.

  1. Tugu Selamat Datang Waisai

Lokasi: Jalan Jenderal Sudirman, Wasai, Waigeo Selatan, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat.

  1. Painemo Raja Ampat

Lokasi: Saukabu, Waigeo Barat, Kepulauan Raja Ampat, Papua Barat.

  1. Pantai Wasai Torang Cinta (WTC)

Lokasi: Jalan Fundar Sakela, Waisai, Waigeo Selatan, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat.

  1. Sawing Rey Raja Ampat

Lokasi: Sawinggrai, Meos Mansar, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat.

  1. Kepulauan Wayag

Lokasi: Desa Waigeo Barat, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat.

  1. Pulau Misool

Lokasi: Distrik Misool, Kabupaten Raja AmpatĀ  Papua Barat.

  1. Pulau Salawati

Lokasi: Kepulauan Raja Ampat, Papua Barat.

  1. Desa Wisata Arborek

Lokasi: Arborek, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat.

  1. Teluk Mayalibit

Lokasi: Kepulauan Waigeo, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat.

  1. Cape Kri

Lokasi: Yenbuba, Meos Mansar, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat.

  1. Kampung Saporkren

Lokasi: Kampung Saporkren, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat.

  1. Wisata Batu Pensil

Lokasi: Kampung Saporkren, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat.

  1. Kepulauan Ayau

Lokasi: Distrik Ayau, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat.

  1. Pulau Friwen

Lokasi: Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat.

  1. Air Terjun Batanta

Lokasi: Kepulauan Raja Ampat, Papua Barat.

  1. Air Terjun Arawai

Lokasi: Kampung Arawai, Teluk Mayalibit, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat.

  1. Telaga Bintang Raja Ampat

Lokasi: Dekat Painemo, Saukabu, Waigeo Barat, Kepulauan Raja Ampat, Papua Barat.

  1. Pulau Yenbuba

Lokasi: Yenbuba, Meos Mansar, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat.

Liburan di Raja Ampat semakin lengkap bila kamu bisa mengamati secara langsung kehidupan burung cendrawasih di alam liar, berburu spot foto cantik untuk memuaskan hobby fotografimu, mendaki gugusan karst di Wayag, berburu souvenir unik hingga menjelajahi wisata kuliner khas yang menggugah selera.

Biaya wisata ke Raja Ampat

Menjelajahi tempat wisata di Raja Ampat bisa menjadi sebuah pengalaman yang tidak terlupakan. Namun begitu berwisata ke sana memerlukan perencanaan yang matang, karena perjalanan ke Raja Ampat membutuhkan waktu yang relatif panjang dan budget yang lumayan besar.

Jika kamu memiliki pengalaman liburan ala backpacker maka kisaran biaya yang akan kamu gunakan berkisar 4-6 juta, biaya ini meliputi tiket pesawat dari rumah ke Sorong, tiket kapal dari Sorong ke Waisai, Tarif Layanan Pemeliharaan Lingkungan (TLPL), Akomodasi penginapan, transportasi di Raja Ampat dan konsumsi di luar homestay dengan perincian liburan selama tiga hari dua malam.

Namun bila tidak ingin kerepotan melakukan perjalanan ala backpacker, kamu bisa menggunakan paket wisata yang bisa dipesan secara online, baik paket 3 hari 2 malam maupun paket khusus seperti paket honeymoon dengan rincian biaya berkisar 7-12jt/orang.

Jadi kapan liburan di Raja Ampat?

Leave a Comment