Mau Sukses? Tinggalkan 7 Kebiasaan Ini Menjelang Tidur

Seseorang biasanya melakukan ritual-ritual khusus sebelum tidur. Ritual di sini maksudnya bukan jampi-jampi atau hal negatif lainnya. Akan tetapi melakukan aktivitas sebagai pengantar tidur, seperti membaca buku, mendengarkan musik, olahraga ringan, atau lainnya.

Sebetulnya sah-sah saja karena sebagian orang ada yang sulit langsung memejamkan mata ketika sudah sampai di kamar. Perlu menyibukkan diri dulu sebelum tidur. Mungkin kalau sudah ngantuk parah, baru deh bisa langsung tepar.

Tapi tahukah Anda, ada hal-hal atau kebiasaan yang harus dihindari sebelum beranjak tidur karena dapat mempengaruhi kerja maupun kesehatan tubuh Anda. Jika Anda bangun tidur justru terasa lemas, tidak bertenaga, atau bahkan sakit, maka akan berimbas pada kesuksesan Anda.

Sementara orang-orang yang tidurnya nyenyak nan berkualitas, ketika bangun tubuh lebih segar, rasa letih hilang, Anda akan dapat menjalankan aktivitas pekerjaan dengan penuh semangat. Apalagi untuk Anda yang merupakan seorang pengusaha atau wirausaha, tidur yang berkualitas sangat penting.

Ini 7 hal atau kebiasaan yang harus Anda tinggalkan saat malam hari sebelum tidur:

  1. Minum Kopi atau Makan Cokelat

Kalau kamu suka ngopi, ngeteh, atau makan cokelat, hindari mengonsumsi ketiganya ya. Sebab teh, kopi, dan cokelat mengandung kafein yang dapat mengganggu kualitas dan pola tidur Anda. Selain itu, minuman bersoda, es krim, kuaci bunga matahari, permen penyegar nafas juga mengandung kafein.

Berdasarkan hasil penelitian, menenggak kopi atau konsumsi makanan dan minuman berkafein di dekat jam tidur akan mengacaukan jam tidur Anda. Pasalnya kafein dapat menghambat produksi hormon melatonin dalam tubuh. Melatonin diproduksi kelenjar pineal di otak manusia. Hormon ini yang membantu seseorang mengetahui kapan saatnya tidur dan bangun.

  1. Konsumsi Minuman Beralkohol

Bagi Anda yang suka menenggak minuman beralkohol, jangan lakukan sebelum tidur. Apalagi kalau tujuannya untuk membantu Anda tertidur lantaran insomnia. Minuman alkohol yang dikonsumsi menjelang tidur tidak baik untuk tubuh dan kerja otak Anda.

Mengonsumsi minuman beralkohol akan mengganggu kualitas tidur Anda. Efeknya pas lagi nyenyak-nyenyaknya, Anda akan terbangun dan tidak bisa tidur lagi sampai pagi. Walhasil saat bekerja, Anda merasa lemas, mengantuk hebat sehingga dapat menghilangkan konsentrasi. Pekerjaan jadi berantakan. Bagaimana Anda bisa meraih sukses jika Anda menjalani hari-hari Anda seperti keadaan di atas.

  1. Makan Sebelum Tidur

Sebaiknya menjelang tidur, biarkan lambung Anda kosong untuk meringankan kerja organ tubuh saat Anda terlelap. Makan sebelum tidur, terutama mengonsumsi makanan berat dekat dengan jam tidur dapat mengakibatkan berat badan naik, dan terserang berbagai penyakit.

Perut yang penuh akan mendorong Anda melakukan aktivitas sehingga bisa jadi bukannya pulas tidur, Anda malah melek semalaman. Keesokan harinya malah jadi mengantuk karena kurang tidur, dan berimbas ke pekerjaan. Kalau Anda lapar tanpa harus membuat perut begah, Anda dapat mengonsumsi buah-buahan segar atau jus buah.

  1. Menyelesaikan Pekerjaan di Kasur

Di kantor sudah bekerja, kemudian lanjut di rumah. Di atas kasur menjelang tidur dengan alasan menyicil atau menyelesaikan pekerjaan yang menumpuk. Memang nyaman dan santai sih bekerja di rumah bisa sambil rebahan, tapi sebaiknya ini jangan dilakukan. Jika Anda benar-benar ingin menuntaskan pekerjaan, cari ruangan lain sehingga Anda bisa lebih konsentrasi.

Sebab, jika Anda bekerja di atas kasur, yang ada bukannya bekerja malah tidur karena lebih mudah mengantuk. Selesaikan dengan cepat, lalu segera bergegas tidur agar antara karier dan kesehatan Anda seimbang. Begitu pagi hari saat berangkat ke kantor, tugas sudah selesai dan Anda pun tidak merasa ngantuk karena tidur dengan cukup.

  1. Main Ponsel

Kebiasaan banyak orang menjelang tidur, yakni main ponsel. Entah itu sekadar ngecek whatsapp, membalas email, membaca artikel, main medsos, telepon, atau lainnya. Padahal layar pada ponsel justru akan membuat Anda terjaga, dan tanpa disadari melewati jam tidur.

Akhirnya kurang tidur, otak lelah, sehingga tidak dapat melakukan aktivitas atau pekerjaan sepanjang hari. Bahaya lain main ponsel sebelum tidur, antara lain mata rusak, gangguan saraf, dan mudah terkena depresi karena menatap layar ponsel terlalu lama. Apalagi sambil rebahan dan lampu mati.

  1. Olahraga Berat

Sebetulnya olahraga akan membantu Anda mendapatkan kualitas tidur yang nyenyak, seperti gerakan wajah, peregangan leher, sit up, push up. Gerakan-gerakan tersebut dapat membuat Anda rileks. Akan tetapi, hindari olahraga berat karena justru akan meningkatkan suhu tubuh. Hal ini justru akan menyulitkan Anda untuk tidur.

  1. Begadang Semalam Suntuk

Ingat pesan Bang Haji Rhoma Irama, begadang jangan begadang kalau tiada artinya. Begadang adalah salah satu kebiasaan yang harus Anda hindari kalau ingin meraih kesuksesan. Efek dari begadang, Anda akan merasakan kantuk yang dahsyat keesokan harinya, lingkaran hitam di sekitar mata atau mata panda, dan tidak fokus dalam bekerja.

Untuk meraih kesuksesan, Anda harus berkorban. Salah satunya tinggalkan pola hidup yang dapat merusak mimpi Anda, seperti kebiasaan di atas. Terapkan gaya hidup sehat untuk tetap menjaga kebugaran tubuh, sehingga karier melesat. Jangan remehkan kesehatan Anda yang berawal dari kualitas tidur. Itu adalah aset tak ternilai untuk menentukan masa depan Anda. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment