Nonton Konser

Tips Hemat Nonton Konser di Luar Negeri

 

Mampu datang untuk menonton langsung konser artis, musisi, atau band idola merupakan impian bagi banyak orang. Sayangnya, hal ini membutuhkan dana yang tidak sedikit apalagi jika konsernya digelar di luar negeri. Salah perhitungan atau kurang perencanaan yang matang, bisa-bisa kamu malah bangkrut begitu acara selesai.

Jika kamu memiliki rencana untuk menghadiri konser artis kesayangan tapi nggak mau banyak keluar uang untuk hal tidak penting, tak ada salahnya kamu memperhatikan beberapa hal berikut.

1.  Cari tiket murah dari jauh hari

Pengumuman soal jadwal konser biasanya dikabarkan oleh pihak promotor sekitar 6–3 bulan sebelum hari-H. Begitu venue dan jadwal konser diumumkan, sebaiknya kamu langsung mulai berburu tiket pesawat agar mendapat tiket murah.

Jika konser yang bakal kamu datangi berlokasi di negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, atau Hong Kong, kamu hanya perlu beli tiket Lion Air di Traveloka karena banyak penawaran menarik di sana. Pilih jadwal penerbangan sehari atau dua hari sebelum hari-H agar kamu memiliki waktu untuk istirahat serta survei lokasi konser. Jangan lupa juga untuk sekaligus beli tiket pulang agar kamu tidak kerepotan, ya.

2.  Kencangkan ikat pinggang

Selesai urusan membeli tiket pesawat, kamu harus siap berhemat untuk pengeluaran selanjutnya yaitu membeli tiket konser. Tahan dulu godaan untuk banyak jajan, makan siang di luar, berbelanja, atau hangout terlalu sering. Lewat menabung, kamu jadi bisa memiliki dana tambahan yang bisa dijadikan ‘pegangan’ saat hari-H.

Jika ada dana lebih, kamu bisa membeli tiket termahal demi memuaskan hasratmu bernyanyi dan menari lebih dekat bersama sang idola. Ingat, belilah tiket konser di tempat resmi yang telah ditunjuk oleh promotor. Jangan sekali-kali tergoda membeli lewat calo atau ‘tangan kedua’ untuk menghindari jual beli tiket palsu. Begitu tiket sudah di tangan, simpan bukti pembelian di dalam passport holder atau tempat aman lainnya.

3.  Cari teman lewat komunitas

Begitu urusan tiket selesai, kamu bisa mulai mencari barengan untuk berangkat atau menginap. Adanya teman seperjalanan juga bakal membuat pengalaman nonton konser

semakin berkesan. Carilah teman baru lewat komunitas sesama fans yang biasanya tersebar lewat media sosial. Lewat komunitas, kamu bisa bertukar pengalaman dan tips agar tidak kesulitan saat di perjalanan hingga di venue. Nggak cuma itu, adanya kenalan juga bisa membuatmu berhemat dalam berbagai hal.

4.  Pesan hotel di dekat venue

Untuk urusan menginap, carilah hotel yang lokasinya sedekat mungkin dengan venue. Jika terhitung mahal, kamu bisa menyewa kamar dengan beberapa teman agar biaya yang dikeluarkan tidak terlalu menguras kantong. Soal makan, manfaatkan jiwa petualanganmu untuk berburu makanan murah yang ada di sekitar hotel/penginapan. Jika takut sakit perut atau tidak cocok dengan makanan yang dijajakan di kaki lima, kamu bisa mengisi perut lewat menu umum yang ditawarkan di convenience store.

5.  Jangan kalap beli merchandise

Satu-satunya ujian berat untuk berhemat saat nonton konser adalah belanja merchandise. Biasanya, di sekitar venue kamu akan menemukan pop up store yang disediakan oleh pihak promotor. Barang yang dijajakan tak lain adalah merchandise resmi berupa kaus, jaket, aksesoris, hingga barang penting nggak penting seperti hand banner, pop socket, stiker, hingga gelang atau scarf berdesain khusus.

Beberapa barang tersebut memang bisa memberikan kebanggan tersendiri saat kamu memilikinya, apalagi jika yang dibeli merupakan barang edisi spesial. Akan tetapi, kamu juga harus tahu diri dan jangan terlalu boros membeli semuanya. Cukup beli satu atau dua barang sebagai memorabilia, lalu tutup mata agar tidak tergoda barang yang lain.

Bisa menonton konser secara langsung akan selalu jadi kenangan tak terlupakan. Agar semakin bahagia setelah nonton, telitilah setiap melakukan transaksi atau pengeluaran di mana pun kamu berada agar tidak menyesal nantinya.

Leave a Comment