Managed Switch

3 Cara Kerja Managed Switch yang Perlu Anda Ketahui

Switch merupakan suatu peralatan jaringan yang memiliki kecepatan tinggi guna menghubungkan perangkat secara bersamaan dalam sebuah jaringan. Yang mana switch ini sendiri dapat memungkinkan transmisi data antara perangkat yang berbeda sekalipun. Salah satu switch yang bisa Anda gunakan adalah managed switch. Di bawah ini beberapa jenis switch yang bisa Anda ketahui.

Jenis-jenis Switch

Sebelum mengetahui seperti apa cara kerja switch terlebih dahulu Anda perlu mengetahui apa saja jenis-jenis dari switch itu sendiri. Setidaknya terdapat 5 jenis switch yang masing-masing memiliki spesifikasinya. Beberapa switch tersebut adalah:

1. Modular switch

Switch yang satu ini memiliki kemampuan ekspansi dengan fleksibilitas yang terbilang tinggi. Anda bisa menambahkan modul ekspansi sesuai dengan kebutuhan. Akan tetapi struktur dari switch yang satu ini jauh lebih kompleks sehingga harganya pun terbilang lebih mahal.

2. Fixed switch

Merupakan switch yang tidak bisa diperluas. Switch ini sendiri memiliki jumlah port yang tetap. Meskipun kurang fleksibel dalam penggunaannya saat menggunakan switch yang satu ini Anda bisa mendapatkan harga yang jauh lebih rendah.

3. Unmanaged switch

Ini merupakan switch yang tidak dikelola yang umumnya sering digunakan pada kantor, toko, maupun jaringan rumah. Karena tidak dapat dikelola maka Anda tidak dapat mengaktifkan atau menonaktifkan antar mukanya. Pada switch yang satu ini juga kurang menyediakan fitur keamanan dibanding dengan jenis switch yang lainnya.

4. Smart switch

Umumnya jenis ini sering digunakan pada palikasi bisnis dengan jaringan yang lebih kecil. Tak heran jika smart switch cukup cocok untuk VLAN yang kecil. Anda bisa melakukan konfigurasi port kemudian mengatur jaringan virtual akan tetapi switch ini tidak memiliki kemampuan untuk memecah masalah atau mengelola masalah jaringan.

5. Managed switch

Merupakan switch yang terkelola yang digunakan pada pusat data serta jaringan perusahaan. Switch ini dapat dikontrol dengan keamanan yang tingkat tinggi. Sangat ideal untuk melakukan kontrol akses dengan jarak jauh hingga pemantauan di luar jam kerja atau bahkan diluar lokasi. Tentu harganya terbilang jauh lebih mahal, akan tetapi Anda bisa menggunakannya dalam jangka panjang.

Itulah beberapa jenis dari switch yang bisa Anda ketahui. Dari penjelasan tersebut Anda tentu sudah bisa menentukan manakah switch yang paling cocok untuk digunakan sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk menggunakannya, ketahui juga cara kerjanya di bawah ini.

Cara Kerja Switch

Jika dilihat dari cara kerjanya, switch jaringan bisa digunakan dengan cara seperti berikut:

1. Edge atau access switches

Yakni dengan mengatur lalu lintas yang keluar dan masuk lewat jaringan. Contohnya perangkat komputer serta titik akses terhubung menuju sakelar bagian tepi.

2. Distribution switches atau aggregation

Switch yang satu ini biasanya ditempatkan pada lapisan tengah secara opsional. Switch yang satu ini dapat melakukan pengiriman lalu lintas dari switch satu ke swicth yang lainnya atau mengirimkannya menuju switch inti.

3. Core switches

Merupakan switch yang terdiri dari tulang punggung jaringan penghubung sakelar tepi atau switch jenis yang kedua. Yakni bekerja dengan cara menghubungkan jaringan tepi pengguna atau perangkat pengguna menuju jaringan pusat data. Umumnya, switch jenis ini dilakukan untuk menghubungkan LAN perusahaan menuju router yang dapat menghubungkan ke internet.

Itulah beberapa cara kerja dari switch yang bisa Anda ketahui. Sebagai rekomendasi, Anda bisa menggunakan berbagai jenis switch seperti managed switch yang sudah menyediakan berbagai fitur. Switch jenis ini juga dapat Anda gunakan dengan jaringannya yang luas serta keamanannya yang tingkat tinggi.

Leave a Comment