3 Langkah Investasi Properti Rumah yang Wajib Anda Tahu!

Investasi properti rumah menjadi salah satu sektor investasi terbaik yang banyak dipilih untuk bisa menjaga kestabilan keuangan supaya tidak bisa terpengaruh dari dampak inflasi yang semakin di luar akal. Maka tidak mengherankan jika saat ini banyak investor yang lebih memilih untuk berbisnis properti untuk menyelamatkan harta dari dampak gerusan inflasi. Dengan melakukan investasi dalam bidang properti ini juga akan memudahkan Anda dalam mendapatkan uang tanpa harus bersusah payah dan tanpa melakukan pekerjaan berat lainnya yang mengandung risiko besar.

Meski menawarkan keuntungan yang besar namun bisnis properti tidak semudah kelihatannya. Hasil dari bisnis properti ini sangat tergantung dengan strategi yang dijalankan mulai dari perencanaan yang matang, pemilihan lokasi, dan lain sebagainya. Selain itu diperlukan langkah yang tepat bagi Anda yang sedang melirik investasi properti rumah seperti berikut ini:

Pertimbangkan Keuangan

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli properti untuk investasi hal yang harus dipertimbangkan adalah bagaimana kondisi keuangan Anda. Tujuan utama Anda melakukan investasi adalah membuat keuangan Anda menjadi lebih sehat dengan adanya aliran penghasilan dari rumah yang disewakan. Mempertimbangkan masalah keuangan tersebut menjadi hal yang sangat penting saat Anda memutuskan pembelian rumah. Harga rumah yang akan Anda beli tersebut berhubungan dengan berapa banyak DP minimal yang harus dibayarkan dengan berapa banyak cicilan yang harus Anda bayarkan setiap bulannya. Jangan sampai cicilan yang dikeluarkan setiap bulan ini memberatkan kondisi Anda saat ini.

Tentukan Lokasi dan Rumah yang Akan Dibeli

Bagi Anda yang ingin investasi properti pastikan jika nilainya bertambah di masa depan. Untuk bisa membuat nilai dari properti rumah Anda tersebut meningkat maka penting bagi Anda untuk menentukan lokasi dan juga jenis rumah yang akan dibeli. Lokasi yang tidak strategis akan sulit menarik penyewa dan juga pembeli sehingga perkembangan nilainya bisa berjalan lebih lambat dan harganya jauh dari harga rata-rata properti.

Pertimbangan faktor fasilitas yang ada di sekitar lokasi pun penting seperti sarana transportasinya bagaimana dan fasilitas publik yang dimiliki apa saja. Jika tujuannya membeli properti untuk orang-orang yang merantau bekerja di suatu perkotaan maka Anda bisa membeli properti yang lokasinya ada di kawasan bisnis. Jika Anda ingin menyediakan untuk wisatawan maka ada baiknya jika Anda memilih lokasi property yang dekat di lokasi wisata.

Siapkan DP

Langkah membeli properti selanjutnya adalah dengan menyiapkan DP. Jika Anda mampu membayar uang muka rumah yang lebih besar maka cicilan yang harus Anda keluarkan ini bisa semakin rendah. Saat ini minimal uang muka yang harus dibayarkan pada sebuah rumah berkisar 10% sampai dengan 20% dari harga rumah. Jangan menyimpan uang di tabungan untuk membeli rumah, karena untuk mengumpulkannya membutuhkan waktu yang lama.

Demikianlah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk investasi properti rumah yang penting untuk Anda ketahui, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Leave a Comment