5 Komponen Kendaraan Bermotor yang Wajib Kamu Rawat Setiap Bulan!

Memiliki sepeda motor sendiri sepertinya cukup menyenangkan. Bisa bepergian keliling kota dengan menggunakan sepeda motor akan terasa cepat dan simple. Tapi, pernahkah kamu mengalami sedang asik nya mengendarai motor tiba-tiba mogok di tengah jalan? Atau motor kamu terasa aneh serta tidak enak untuk dikendarai? Banyak hal yang akan membuat motor kamu mati atau terasa tidak nyaman.

Nah, hal itu semua disebabkan oleh suku cadang yang sudah mengalami kerusakan atau harus diganti. Mau tau apa saja suku cadang yang harus diperhatikan atau dirawat dengan benar-benar? Inilah list suku cadang sepeda motor yang harus selalu kamu perhatikan.

  • Busi
sumber : motoris.id

Ini dia part motor yang sering rusak dan membuat masalah besar saat kita sedang asyiknya jalan-jalan. Si benda kecil ini memiliki kegunaan yang cukup besar untuk motor kamu. Ketika motor kamu mendadak mati di jalan, lalu dibawa ke bengkel, sudah pasti hal pertama yang dilakukan montir yaitu mengecek benda kecil ini.Tidak hanya usianya yang begitu cepat, busi bisa mati akibat terkena cairan. Cairan itu adalah air yang ‘nyelip’ ke dalam rongganya, atau bisa juga dari oli mesin yang naik ke pembakaran. Sehingga membuat busi menjadi basah serta tidak bisa memercikkan api.

Tidak hanya itu, dalam menggunakan sebuah busi banyak yang salah dalam menggunakannya sehingga busi menjadi biang kerok motor mogok. Bagi kamu yang tidak mau businya cepat mati atau rusak, gunakanlah tipe busi yang sesuai dengan pabrik resmi, atau sesuai dengan kondisi mesin yang kamu gunakan. Dan yang paling penting kamu harus rutin dalam mengecek busi motor kamu.

  • Kampas Rem
sumber : Shopee Indonesia

Kalau suku cadang ini sih memang sudah pasti akan mengalami kerusakan. Part ini berguna untuk di suatu sistem rem tromol atau rem cakram yang memiliki usia cukup singkat. Cepat atau tidaknya benda ini bisa rusak akibat terjadinya banyak hal seperti, setelan rem yang begitu kencang serta sering menggunakan rem dalam ‘stop n go’ bisa membuat suku cadang ini berumur jauh lebih singkat.

Tidak hanya itu, posisi disk cakram atau velg yang tidak rata bisa membuat suku cadang ini aus sebelah. Bagi kamu yang ingin memperpanjang usianya, maka gunakanlah selalu kampas rem berkualitas. Selain itu, kamu juga harus selalu menyetel rem agar tidak terlalu kencang,dan juga tidak terlalu kendor.

  • Aki

Meski aki motor rusaknya tidak segampang part lain, tapi aki juga sering mengalami rusak atau tekor. Biasanya ini diakibatkan oleh kelebihan penggunaan listrik atau tidak pernah dicek ketinggian airnya. Produksi aki jaman sekarang usia hidupnya jauh lebih singkat daripada aki jaman dulu.

Kamu mau aki tidak terus-menerus mengalami tekor? Nah, kamu juga harus menggunakan listrik dengan secukupnya supaya aki tidak cepat tekor. Atau mau cara yang mudah serta agak mahal, kamu bisa mengubah seluruh sistem kelistrikan motor kamu menjadi fullwave system supaya pengisian ke aki menjadi besar dari sebelumnya.

  • Rantai

Suku cadang ini sebenarnya bisa tahan lama, tapi terkadang part ini juga cepat berkarat atau berubah setelahnya dengan otomatis. Tapi sebenarnya usianya bisa sampai bertahun-tahun, namun karena menggunakan setelan yang terlalu kencang dan beban motor yang begitu berat membuat suku cadang ini cepat kendor. Sepertinya sudah tidak asing lagi kalau di jalan terdengar banyak banget motor yang rantainya bunyi.

Nah, usahakan dalam membeli rantai dengan rantai yang berkualitas serta bahan yang terbuat dari baja agar bisa tahan lama. Kamu juga harus memperhatikan setelan ketegangan rantai dan jangan terlalu kencang. Beban motor juga harus dipertimbangkan, apabila motor terlalu sering kelebihan beban maka rantai akan menjadi sangat berat.

  • Noken AS
Sumber: Shopee.co.id

Noken as memiliki fungsi sebagai mengatur durasi buka tutup klep untuk menampung sebuah bahan bakar serta udara yang akan masuk ke mesin. Apabila benda ini rusak pastinya tidak akan mendapatkan sebuah tenaga karena sudah tidak ada lagi suku cadang yang akan mengatur buka tutup klep dalam memasok bahan bakar. Bagi kamu yang ingin noken as motor tetap awet, kamu juga harus memberikan perawatan yang cukup dan selalu memperhatikan pergantian oli dalam 2 bulan atau 1 bulan sekali. Kenapa? Karena oli mempunyai peran yang sangat penting untuk melumasi semua suku cadang yang ada didalam mesin kendaraan.

Itulah beberapa suku cadang kendaraan yang harus selalu diperhatikan agar perjalananmu tidak mengalami masalah secara tiba-tiba. Semoga pembahasan di dalam artikel ini bisa membuat kamu lebih paham untuk merawat suku cadang kendaraan kamu, ya!

Leave a Comment