6 Tips Jitu untuk Merawat Motor dengan Baik!

Merawat Motorsumber : cekpremi.com

Seperti yang kamu ketahui motor bebek memang sudah lama kalah dengan motor matic. Merawat sepeda motor bertujuan untuk menghasilkan performa yang baik. Banyak diantara kamu yang memiliki motor jenis bebek yang usianya sudah lama, dan pastinya sudah banyak komponen original yang harus diganti.

Jika usia motor milikmu sudah mencapai 5 tahun maka motor akan sangat membutuhkan banyak perawatan terhadap mesinnya. Nah, untuk lebih jelasnya lagi, berikut adalah pembahasan mengenai merawat Motor Bebek dengan baik dan benar.

Servis secara berkala

sumber : moladin.com

Lakukan servis secara rutin agar motor kamu tidak mengalami kerusakan, gunakan jadwal yang sudah ditentukan untuk melakukan servis. Dalam servis usahakan 2 bulan sekali jangan sampai motor kamu rewel, baru kamu melakukan servis motor. Ketika servis pastikan komponen motor seperti kanvas rem, noken as atau bagian dalamnya dicek. Lakukan penggantian oli tiap 2 bulan sekali.

● Panaskan motor saat ingin digunakan

sumber : harianriau.com

Sebelum menggunakan motor pastikan panaskan terlebih dahulu, usahakan hal itu menjadi kebiasaanmu setiap hari. Panaskan motor lebih dari 9 menit agar oli di dalam mesin naik dan menyebar ke semua bagian mesin. Hal ini berguna untuk mengurangi gesekan kasar di dalam mesin.

● Pengecekan Aki atau Oli

sumber : liputan6.com

Tips berikutnya yaitu, usahakan ganti oli setiap 2 bulan sekali yang bertujuan untuk memaksimal komponen yang ada dalam mesin. Mengganti oli dapat ditandai dengan motor sudah mulai sedikit berat ketika menarik gas. Selanjutnya pengecekan aki motor agar oli tetap awet dan tidak soak.

● Pengecekan Rem

sumber : kompas.com

Tips berikutnya adalah pengecekan rem, pada dasarnya rem motor bebek menggunakan rem tromol untuk rem belakang dengan dan rem depan menggunakan rem cakram. Seperti yang kamu ketahui bahwa rem cakram sudah terbukti jauh lebih baik dalam pengereman dibandingkan rem tromol. Tapi hal ini sangat fatal apabila rem mengalami gancet diakibatkan oleh oli rem kotor atau kampas remnya habis.

● Pengecekan Busi

sumber : liputan6.com

Pengapian atau Busi, memiliki peran sangat penting dalam sebuah kendaraan. Kami sarankan, sebaiknya kamu membawa busi cadangan yang baru, hal itu diperlukan untuk motor yang sudah berumur 2 tahun ke atas. Pastinya busi sudah tidak sebaik sebelumnya dan juga akan sangat repot kalau di tengah perjalanan motor kamu mengalami ngadat serta gasnya tidak begitu stabil akibat busi mati.

● Pengecekan Ban

sumber : medcom.id

Tips yang terakhir, yaitu kondisi angin yang di dalam ban. Pada umumnya ban mempunyai tekanan udara sebesar 26 psi. Bagi motor yang sering diajak bepergian jauh, kami sarankan terlebih dahulu untuk mengganti ban standar dengan ban tubles. Ban ini sudah dibekali performa yang jauh lebih unggul dibandingkan ban standar.

Tidak selamanya sebuah komponen motor yang ada pada mesin akan begitu awet. Pada umumnya kamu harus melakukan servis rutin, seperti Rem, kabel rem dan ban. Tidak hanya itu, sebenarnya masih banyak komponen lain yang harus dirawat secara rutin agar pemakaian motor jauh lebih awet walau usia motor kamu sudah tua. Demikianlah informasi dalam merawat sepeda motor, semoga bermanfaat!

Leave a Comment