Karantina Corona

Beberapa Hal yang Perlu Disiapkan untuk Karantina di Rumah Selama Pandemik Virus Corona

Adanya virus corona yang telah meresahkan dunia telah membuat banyak orang terinfeksi dan meninggal dunia. Untuk menurunkan angka penyebaran ini maka pemerintah menyarankan untuk berada dalam rumah dan mengurangi aktifitas diluar jika tidak terlalu penting. Oleh karena itu tindakan karantina akan membantu pemerintah menangani masalah yang menjadi pandemik global ini.

Berikut adalah beberapa cara dalam melakukan karantina di rumah diantaranya:

  • Periksa persediaan pada kota pertolongan pertama pada kecelakaan dan hal ini untuk menanggulangi kejadian yang mungkin saja terjadi, persiapkan juga obat demam dan thermometer untuk menurunkan demam dan persediaan obat ringan dalam beberapa minggu kedepan termasuk obat tanpa dan menggunakan resep dokter.
  • Mulai diskusikan tanggung jawab selama dirumah, dengan membagi tugas supaya situasi dalam keadaan aman, contohnya membagi tugas kepada siapa yang akan mengantar makanan kepada orang yang akan beresiko mengalami virus corona terutama orangtua dengan penyakit ISPA.
  • Sebaiknya menyediakan stok makanan, usahakan melakukan persediaan makanan untuk 2 minggu dan persediaan yang tidak mudah mengalami kerusakan dan selain stok makanan maka usahakan membeli sarung tangan plastik dan tisu antibakteria.

Selain itu, selama melakukan karantina di rumah maka sebaiknya barang yang selama ini digunakan bersama dan sekarang tidak digunakan bersama. Cara ini untuk menghindari penyebaran virus dari manusia menuju manusia lainnya. Kontak yang dilakukan ketika menggunakan bangunan menjadi media penyebaran dan jika harus berbagi maka tetap gunakan barang dengan mencucinya sabun serta air mengalir dan usahakan untuk tetap memisahkan barang seperti piring, gelas dan sendok jika memiliki anggota keluarga yang sedang sakit.

Untuk mengurangi penyebaran dari droplet orang yang mengalami virus gunakan masker dan sebaiknya mendapatkan petunjuk dari dokter untuk penggunaan masker yang baik. Pastikan masker yang digunakan belum pernah digunakan dan tempatkan masker untuk menutup bagian hidung dan mulut dan pastikan tidak memberikan gap antara wajah dan masker. Lalu buang masker yang digunakan pada sekali pemakaian dan cuci tangan setelah menggunakannya sebelum menyentuh orang lain. Pastikan juga tubuh memiliki asupan yang cukup dengan makanan bernutrisi dan memiliki kandungan vitamin C, begitu juga dengan konsumsi air putih sehingga tubuh akan tetap seimbang. Selama di rumah maka jagalah kesehatan mental dengan baik dengan berpikir positif dengan tidak terlalu sering mencari informasi dan lakukan komunikasi yang baik bersama dengan keluarga dan teman. Berada dalam rumah akan membuat kebosanan tertentu oleh karena itu lakukan hal kegiatan yang menyenangkan.

Berikut adalah hal yang harus dipersiapkan di rumah diantaranya:

  • Memberikan pemahaman kepada anak dengan situasi Covid-19 dan situasi ini akan membuat anak mampu mengontrol diri dan anak tidak rewel ketika harus berdiam diri di rumah.
  • Makanan buah dan sayuran dengan makanan pokok seperti beras, buah, sayuran, telur dan daging hingga air mineral disesuaikan dengan kebutuhan dari anggota keluarga.
  • Masker diperlukan untuk melakukan kegiatan diluar rumah sehingga akan terhindar dari percikan atau droplet.

Selain itu, untuk karantina selama di rumah maka sediakan peralatan kebersihan mulai dari perlengkapan pasta gigi, sikat, sabun mandi, sabun khusus cuci tangan, shampo dan hand sanitizer. Dengan adanya perlengkapan kebersihan rumah maka dijamin anggota keluarga tidak perlu keluar rumah. Untuk terhindar dari virus corona maka tetap berjemur pagi hari dan melakukan aktifitas fisik untuk menjaga daya tahan tubuh dengan baik.

Leave a Comment