Bumbu Instan Di Pasaran

Cara Mudah Memilih Bumbu Instan Di Pasaran

Saat ini di pasaran tersedia banyak bumbu instan yang bisa digunakan oleh siapapun. Tentunya dengan adanya bumbu instan ini memudahkan serta mempersingkat waktu memasak. Apalagi banyaknya varian bumbu instan seperti nasi goreng, soto, rawon dan masih banyak lagi. Sehingga bumbu instan menjadi solusi yang tepat terutama bagi pemula.

Namun, pernahkah Anda berfikir Apakah bumbu instan Ini aman untuk digunakan? Mengingat bumbu instan tentunya bisa bertahan dalam waktu yang lama dan kemungkinan bisa saja menggunakan bahan pengawet yang tidak aman unfuk kesehatan. Apalagi kini bumbu instan dijual secara umum.

Nah, kini tak perlu khawatir dengan banyaknya merk bumbu siap saji yang dijual di pasaran. Pasalnya berikut ini ada 4 cara untuk mengetahui bumbu siap saji yang aman digunakan dalam jangka waktu yang lama.

1. Bahan Pengawet

Ketika membeli apapun yang berhubungan dengan konsumsi, tentunya harus memperhatikan batas penggunaan atau tanggal expired. Selain itu, penting juga untuk memperhatikan bahan yang digunakan untuk membuat bumbu instan. Apalagi saat ini bumbu siap saji yang dijual di pasaran banyak yang menggunakan bahan pengawet berbahaya untuk kesehatan tubuh.

Maka dari itu, sebelum memutuskan untuk menggunakan bumbu siap saji alangkah baiknya jika melihat komposisi yang ada di balik kemasan. Nah, dalam hal ini Anda akan mengetahui mana bumbu siap saji yang terbuat dari bahan alami atau menggunakan bahan pengawet kimia. Pasangannya apapun yang terbuat dari bahan alami, tentunya akan lebih aman jika dikonsumsi.

2. Pilih Produk Bebas MSG

Mungkin sebagian banyak dari kita sudah mengerti jika saat ini banyak sekali produk bumbu siap saji yang menggunakan bahan MSG atau Monosodium Glutamate. Pasalnya bahan ini memang mampu membuat makanan lebih enak. Namun, perlu diketahui jika bahan ini ternyata bisa membahayakan kesehatan jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak.

Spalagi bagi seseorang yang memiliki alergi terhadap bahan ini. Namun, bagi seseorang yang tidak memiliki alergi tidak menjadi masalah asalkan tidak berlebihan dalam mengkonsumsinya. Mengingat apapun yang dikonsumsi secara berlebihan juga tidak akan baik untuk kesehatan tubuh. Nah, agar lebih amannya lagi pilihlah bumbu instan tanpa kandungan MSG.

3. Kenali Jenis Kandungan Pewarna

Banyak sekali kasus berbagai olahan makanan instan yang terbuat dari bahan pewarna berbahaya. Tentunya jika masuk ke dalam tubuh akan berakibat buruk untuk kesehatan, apalagi jika dikonsumsi secara berlebihan. Seperti halnya ketika membeli bumbu siap saji, perhatikan komposisi yang tertulis pada bagian belakang kemasan.

Nah, jika terdapat komposisi zat rhodamine, jangan digunakan. Pasalnya zat tersebut biasanya digunakan untuk industri tekstil. Bumbu siap saji dengan kandungan zat ini biasanya dijual dengan harga yang lebih murah. Namun, kesehatan lebih mahal.

4. Teliti Tanggal Kedaluwarsa

Cara terakhir untuk memilih bumbu siap saji yang tepat yaitu teliti tanggal expired. Biasanya tanggal expired ini akan tertulis jelas pada kemasan. Maka dari itu sebelum memutuskan menggunakan bumbu siap saji pastikan mengecek tanggal kadaluarsanya. Nah, jika sudah melebihi batas tanggal kadaluarsa segera buang.

Saat ini membeli bumbu siap saji yang aman untuk kesehatan tubuh sangatlah banyak. Asalkan Anda harus teliti dalam memperhatikan tanggal kadaluarsa serta komposisi yang digunakan. Dan yang terpenting meskipun menggunakan bahan yang aman, tetap saja batasi penggunaannya jangan berlebihan. Pasalnya apapun yang dikonsumsi secara berlebihan akan berdampak buruk untuk kesehatan tubuh.

Leave a Comment