Penyebab Bau Kaki

Ini 7 Kebiasaan yang Jadi Penyebab Bau Kaki Jadi Tak Sedap

Kaki merupakan bagian tubuh yang kerap mengeluarkan bau tak sedap. Keringat berlebih di bagian tersebut, disebut menjadi pemicu utama munculnya aroma tak sedap. Jika Anda termasuk pemilik kaki yang bau, tentu jadi tak percaya diri jika harus buka sepatu di ruang publik. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan meninggalkan kebiasaan yang jadi penyebab bau kaki.

1. Jarang Mengganti Kaos Kaki

Kaos kaki yang jarang diganti akan membuat kaki mengeluarkan bau tak sedap. Apalagi jika tipe tubuh Anda kerap berkeringat. Kaos kaki yang digunakan berkali-kali tanpa dicuci, merupakan tempat perkembangbiakan yang pas bagi bakteri yang menyebabkan bau. Untuk mengatasinya, gantilah kaos kaki secara rutin setidaknya sekali dua hari atau sekali sehari bagi yang keringatnya berlebih.

2. Menggunakan Sepatu yang Sama Berulang Kali

Sama seperti kaos kaki, sepatu yang terus-menerus digunakan akan menjadi pemicu timbulnya bau tak sedap pada kaki. Sepatu juga menyerap keringat, menyebabkan bakteri penyebab bau tumbuh dengan subur. Walau Anda menggunakannya dalam keadaan kaki yang baru dicuci, bau dari sepatu akan tetap melekat. Maka dari itu, baiknya sediakan dua atau lebih sepatu untuk digunakan bergantian.

3. Asupan Makanan Sehari-hari

Makanan yang kerap Anda konsumsi setiap hari, dapat menjadi pemicu bau kaki yang tak sedap. Jenis bahan makanan yang dapat menjadi penyebab bau kaki seperti yang bawang putih, bawang bombay, brokoli, kopi, dan telur. Tentu tak masalah jika Anda mengonsumsinya dalam kadar yang normal. Namun jangan sampai mengonsumsinya berlebihan, karena akan menyebabkan kaki jadi bau.

4. Menggunakan Sepatu Tanpa Ventilasi Udara yang Bagus

Jangan sembarangan beli sepatu, karena bisa menyebabkan kaki Anda menjadi bau. Sepatu yang tak memiliki sistem pengaliran udara yang baik, akan membuat keringat dan udara terperangkap di dalamnya. Alhasil, kondisi di dalam sepatu menjadi lembap dan membuat kaki pun menjadi bau. Pilihlah sepatu yang terbuat dari bahan berkualitas, yang berfungsi sebagai ventilator yang baik.

5. Membiarkan Kuku Tumbuh Panjang dan Kotor

Rutin menggunting kuku kaki, merupakan salah satu upaya agar dapat terhindar dari bau kaki. Kuku kaki yang dibiarkan panjang serta menyimpan kotoran, merupakan salah satu sumber utama dari bau tak sedap pada kaki tersebut. Bakteri penyebab bau akan bisa tumbuh subur pada kondisi kuku yang seperti ini. Maka dari itu, rutinlah menggunting kuku kaki saat sudah mulai memanjang.

6. Menggunakan Kaos Kaki yang Tak Sejuk di Kulit

Cermat dalam memilih kaos kaki dapat menghindarkan Anda dari risiko kaki yang bau. Kaos kaki yang terbuat dari bahan yang panas dan tak bisa mengalirkan udara dengan baik, akan memicu timbulnya bau pada kaki. Oleh karena itu, pilihkan kaos kaki yang memberikan rasa sejuk saat digunakan. Jangan karena tergiur harga murah, Anda memilih kaos kaki dengan bahan sembarangan.

7. Memakai Sepatu Tanpa Kaos Kaki

Hindari sebisa mungkin penggunaan sepatu tanpa memakai kaos kaki. Kebiasaan ini hanya akan membuat kaki Anda mudah menjadi bau. Pemakaian sepatu tanpa kaos kaki, akan membuat suhu pada kaki meningkat dengan lebih cepat. Ketika suhu meningkat, maka keringat yang timbul akan banyak dan menyebabkan bau tak sedap.

Kaki yang mengeluarkan bau tak sedap berpotensi membuat Anda jadi rendah diri. Anda akan enggan membuka sepatu, terutama di depan banyak orang, dikarenakan kaki Anda yang mengeluarkan aroma tak sedap. Agar kaki Anda tak mengeluarkan bau yang tak sedap, hentikan sebisa mungkin kebiasaan yang menjadi penyebab bau kaki.

Leave a Comment