Membuka Usaha

Ini Dia Langkah Awal Membuat Usaha

Hampir semua orang bercita-cita untuk menjadi seseorang yang sukses. Banyak diantaranya menginginkan menjadi seorang entrepreneur maupun pebisnis yang sukses dan berhasil. Dimulai dengan mulai merintis dan mengelola usaha sendiri. Perlu mental yang kuat dan semangat yang membara ketika akan menjadi pebisnis yang sukses. Karena kegagalan pasti akan datang dan menguji atas semangat seorang pekerja keras sebelum menjemput kesuksesan.

Langkah awal dalam menjalankan sebuah usaha adalah pastinya Anda harus mempunyai usaha apa yang akan dilakukan serta telah mendapatkan perizinan usaha yang wajib dimiliki sebagai tanda bukti bahwa usaha yang dijalankan terdartar secara sah. Atau yang biasa disebut dengan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP). Karena hal tersebut akan memengaruhi bagaimana perjalanan usaha Anda kedepannya.

SIUP dikelompokkan menjadi tiga kategori berdasarkan besarnya modal yang akan digunakan dalam pendirian usaha, yaitu:

• SIUP Besar: untuk perusahaan yang memiliki modal di atas Rp500.000.000
• SIUP Menengah: untuk perusahaan dengan modal berkisar antara Rp200.000.000 – Rp500.000.000
• SIUP Kecil: untuk perusahaan dengan modal kecil atau sama dengan Rp200.000.000

Pengurusan Surat Izin Usaha Perdagangan prosesnya sama seperti seperti pengurusan beberapa surat izin usaha lainnya, yaitu dapat dilakukan di Kantor Dinas Perdagangan setempat yang memiliki kewenangan.

Sebelum mengurus pembuatan SIUP, ada beberapa persiapan yang harus terpenuhi, seperti mempersiapkan dokumen tertentu sebagai syarat administrasi. Dan persyaratan administrasi untuk pembuatan SIUP ini dibedakan berdasarkan jenis atau bentuk usaha yang akan dijalankan. Pembagiannya adalah sebagai berikut:

1. Untuk Perseroan Terbatas (PT)

• Fotokopi Kartu Tanda Penduduk Penanggung Jawab Perusahaan
• Fotokopi NPWP
• Surat Keterangan Domisili
• Fotokopi Akta Pendirian PT
• Materai Rp6.000
• Dan beberapa persyaratan lainnya

2. Untuk Koperasi

• Fotokopi Kartu Tanda Penduduk Dewan Pengurus Koperasi
• Fotokopi NPWP
• Fotokopi Akta Pendirian Koperasi
• Daftar susunan Dewan Pengurus dan Dewan Pengawas
• Izin lain yang terkait

 3. Untuk Perusahaan Perseorangan

• Fotokopi Kartu Tanda Penduduk pemegang saham perusahaan
• Fotokopi NPWP
• Surat keterangan domisili
• Izin lain yang terkait usaha yang dijalankan.

Adapun prosedur pembuatan SIUP setelah berkas persyaratan administrasi sudah disiapkan, maka Anda perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Mengambil formulir pendaftaran/surat permohonan di Kantor Dinas Perdagangan

Anda sebagai pemilik perusahaan bisa datang langsung ke Kantor Dinas Perdagangan atau Kantor Pelayanan Perizinan setempat. Jika Anda sibuk atau berhalangan, Anda bisa mengurusnya melalui orang yang sudah Anda beri kuasa.

2. Formulir pendaftaran diisi dan ditandatangan

Formulir pendaftaran atau surat permohonan sudah disediakan oleh Kantor Dinas Perdagangan. Anda hanya perlu mengisinya dengan benar dan lengkap, kemudian ditanda tangani di atas materai Rp6.000 oleh Pemilik/Direktur Utama/Penanggung Jawab perusahaan. Formulir yang sudah diisi lengkap kemudian difotokopi sebanyak 2 rangkap dan digabung dengan berkas persyaratan administrasi yang sudah diuraikan di atas.

Jika Anda menggunakan jasa orang lain untuk mengurus pembuatan SIUP Anda, maka wajib melampirkan surat kuasa bermaterai cukup yang ditanda tangani oleh pemilik/Direktur Utama/Penanggung Jawab perusahaan.

3. Membayar tarif pembuatan SIUP

Tarif pembuatan SIUP ini berbeda-beda untuk setiap kotamadya/kabupaten, dan diatur oleh Peraturan Daerah di masing-masing wilayah. Maka dari itu Anda harus mencari tahu sebelumnya untuk mempersiapkan berapa tarif yang akan dikenakan di tempat Anda melakukan proses pembuatan SIUP tersebut.

4. Pengambilan SIUP

Waktu menunggu jadinya SIUP biasanya sekitar dua minggu setelah pengisian dan kelengkapan berkas. Nanti setelah SIUP tersebut jadi dan sudah dapat diambil, Anda akan dihubungi oleh petugas dan Anda bisa datang ke kantor tempat Anda mengurus SIUP tersebut untuk mengambilnya.

Maka dari itu, setelah pembuatan SIUP tersebut selesai, maka usaha Anda sudah menjadi resmi dan legal untuk dijalankan. Serta bisa memulai usaha dengan tenang. Dan pastinya perlu diperhatikan apa saja yang menjadi keperluan dan kelangkapan ketika akan mengurus pembuatan surat izin usaha tersebut agar semakin cepat menyiapkannya akan semakin cepat pula Anda mendapatkan surat izin tersebut dan dapat segera menjalankan usaha secara resmi tanpa perlu khawatir lagi dengan proses izin usaha yang melelahkan.

Leave a Comment