Trafo

Penyebab Ledakan Pada Trafo

Dalam distribusi listrik, ada banyak komponen yang turut terlibat salah satunya yaitu trafo. Trafo atau transformator menjadi salah satu komponen yang sangat penting karena berkaitan dengan pengaliran listrik ke berbagai tempat yang tersambung dengan listrik dari PLN. Oleh karena itu tak heran jika keberadaan jasa perawatan trafo sangat dicari dan dibutuhkan untuk melakukan maintenance trafo.

Penyebab Ledakan Pada Trafo

Sayangnya, pada beberapa tahun yang lalu Indonesia mengalami insiden ledakan pada trafo yang terjadi secara beruntun di beberapa daerah. Ledakan pada trafo menyebabkan listrik dari PLN tidak dapat terdistribusi dengan baik sehingga harus padam selama beberapa waktu hingga jam. Lantas, apa yang menyebabkan terjadinya ledakan trafo?

  • Adanya Pemantik

Salah satu alasan mengapa trafo meledak adalah karena adanya pemantik kebakaran. Pemantik ini kemudian menimbulkan ledakan karena di dalam trafo terdapat oli atau minyak yang sejatinya berfungsi untuk mendinginkan mesin serta sebagai isolator. Pada kondisi tertentu, minyak ini akan bersifat sebagai bahan bakar juga bahan yang mudah terbakar jika ada pemantik. Lantas, apa yang bisa menjadi pemantik dalam trafo?

  • Pemantik dari Bushing Trafo

Busing trafo sebenarnya salah satu bagian dari transformator yang berguna untuk menyambungkan sistem transmisi listrik dengan bagian trafo yang lainnya. Fenomena yang timbul di dalam trafo bisa menyebabkan timbulnya short circuit.  Fenomena ini bisa timbul disebabkan oleh tahanan isolasi melemah di dalam isolator.

Melakukan Perawatan Trafo Rutin

Adanya masalah pada bagian tahanan isolasi komponen isolator ternyata bisa menyebabkan masalah yang sedemikian berbahaya. Oleh karenanya penting bagi Anda untuk meminta jasa trafo melakukan perawatan terhadap trafo secara rutin.

  • Maintenance 1 Tahun Sekali

Pada jadwal maintenance 1 tahun sekali akan dilakukan pengecekan bagian luar trafo sekaligus membersihkan komponen dalam trafo. Maintenance 1 tahun sekali bermanfaat untuk mengetahui performa trafo keseluruhan.

  • Maintenance 5 Tahun Sekali

Maintenance 5 tahun bermanfaat untuk membersihkan serta mengecek kondisi di dalam tangki trafo. Petugas juga akan mengecek kualitas oli pendingin dalam tangki.

Jika Anda membutuhkan alat listrik hemat energi ataupun perawatan trafo untuk industri atau skala besar, maka Sewatama adalah penyedia yang tepat.

Leave a Comment