Pilih Sewa Apartemen Bulanan atau Tahunan, Simak Ulasan Berikut!

Apartemen menjadi pilihan tempat tinggal modern kaum Milenial dewasa ini. Kalau Anda hendak mencari tempat tinggal sementara, bisa mempertimbangkan menyewa apartemen. Ada banyak kelebihan yang ditawarkan apartemen dibandingkan hunian lain, misalnya tempat yang lebih bagus dan fasilitas yang memadai. Anda hanya perlu mempertimbangkan sewa apartemen bulanan atau tahunan saja. Di antara kedua pilihan tersebut, mana yang lebih cocok untuk Anda?

Kelebihan sewa apartemen bulanan

Anda bisa memilih sewa apartemen dengan sistem bulanan untuk tempat tinggal di perkotaan. Ada beberapa kelebihan atau keunggulan yang ditawarkan sistem sewa bulanan antara lain:

1. Bersifat fleksibel

Kelebihan pertama yang ditawarkan untuk para penyewa apartemen bulanan adalah fleksibilitas. Anda bisa memutuskan untuk pindah tempat tinggal sewaktu-waktu karena sistem bulanan yang diterapkan. Kalau masa sewa Anda dalam satu bulan sudah selesai dan ingin pindah ke rumah atau apartemen lain, kenapa tidak?

2. Sangat cocok untuk masa liburan atau mencari lowongan pekerjaan di kota

Bagi Anda yang butuh waktu untuk liburan dalam waktu agak lama atau mencari lowongan pekerjaan, bisa memilih tinggal di apartemen untuk sementara waktu. Apartemen juga menjadi pilihan yang cocok untuk mahasiswa yang masih dalam tahap seleksi masuk kuliah atau persiapan kuliah.

Apalagi tempat tinggal Anda berada jauh dari perkotaan, sewa apartemen bulanan lebih menguntungkan dibandingkan harus menginap di hotel dalam kurun waktu satu bulan lamanya.

3. Masih mencari lingkungan yang pas

Sebelum menentukan tempat tinggal yang tepat, Anda wajib melakukan adaptasi dulu. Memilih sewa apartemen dengan sistem bulanan bisa memberikan pertimbangan atau keyakinan tinggal di apartemen tersebut.

4. Cocok untuk Anda yang belum memiliki budget sewa apartemen tahunan

Banyak orang mengatakan bahwa sewa apartemen dengan sistem bulanan lumayan mahal. Namun, selisih harga yang lumayan mahal tidak masalah untuk Anda yang masih belum memiliki dana untuk sewa tahunan. Setidaknya Anda bisa mengatur keuangan dalam menyewa apartemen yang sesuai dengan gaji tiap bulan.

Kelebihan sewa apartemen tahunan

Banyak pemilik menyewakan apartemen dalam kurun waktu lebih lama atau tahunan karena berbagai alasan. Salah satunya kemudahan untuk mengontrol biaya perbaikan atau perawatan apartemen selama disewakan pada pihak kedua. Ada beberapa keuntungan yang ditawarkan sewa apartemen tahunan antara lain:

1. Kenyamanan tempat tinggal

Dalam waktu satu tahun kedepan, Anda tidak perlu memikirkan tempat tinggal lagi. Anda bisa hidup lebih tenang dalam kurun waktu tersebut. Keputusan untuk memperpanjang kontrak atau ganti apartemen lain bisa Anda pikirkan lebih matang. Hanya saja Anda memang tidak bisa pindah sewaktu-waktu kalau merasa kesulitan adaptasi dengan lingkungan apartemen terkait.

2. Harga sewa lebih murah

Jika dikalkulasikan dengan sewa apartemen bulanan, harga sewa apartemen tahunan jauh lebih murah. Anda juga bisa meminimalisir risiko kenaikan harga sewa secara mendadak.

3. Memiliki nilai deposit kalau harus pindah apartemen

Kalau Anda merasa tidak cocok dengan lingkungan apartemen dan memutuskan untuk pindah, setidaknya ada nilai deposit apartemen yang diberikan. Tentu Anda harus mematuhi aturan yang telah ditetapkan oleh pemilik sebelum tanda tangan kontrak.

Sewa apartemen sistem bulanan atau tahunan jelas memiliki kelebihan masing-masing. Anda bisa mempertimbangkan keputusan sewa sesuai dengan kebutuhan pribadi. Jika finansial Anda masih belum memadai atau Anda merupakan tipe orang yang mobile, sewa apartemen bulanan sangat direkomendasikan. Anda bisa pindah ke kota lain atau apartemen lain tanpa masalah sewaktu-waktu. Nah, apakah Anda tertarik tinggal di apartemen dengan sistem sewa bulanan?

Leave a Comment